Rabu, 16 Desember 2015

Johny Setiawan, Penemu 10 Planet


Johny Setiawan (lahir 16 Agustus 1974; umur 41 tahun) adalah seorang peneliti di Institut Max Planck untuk Astronomi di Heidelberg, Jerman yang berasal dari Indonesia.
Pada Juni 2005, kelompok astronom Eropa dan Brasil di bawah pimpinannya berhasil menemukan sebuah planet luar surya yang diberi nama HD 11977 b.
Tak hanya berhenti sampai di situ saja, Johny juga kemudian menemukan kembali sejumlah planet lainnya yang termasuk ke dalam jenis planet ekstrasurya atau planet yang berada di luar sistem tata surya kita. Beberapa penemuan planet tersebut merupakan sistem tata surya baru yang ditemukannya. Sistem tata surya ini diprediksikan bahkan telah ada bahkan ketika sistem tata surya pada galaksi bima sakti ini masih terhitung bayi dan belum berkembang. 

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh Johny alam mengenai penemuan-penemuan planet serta sistem tata surya baru tersebut sempat dipublikasikan juga dalam sebuah jurnal yang berjudul Astronomy and Astrophysics. Dalam melakukan eksplorasi dalam rangka menemukan bintang serta planet baru ini, ia harus menghadapi situasi-situasi yang tidak terduga, di mana ia harus melakukan pengamatan di daerah-daerah seperti gurun dan sebagainya yang memiliki suhu dan keadaan cukup ekstrim. Dengan tuntutan pekerjaan tersebut, Johny juga tetap menjaga kebugaran tubuhnya dengan rutin melakukan olahraga dan fitnes, sehingga kebugarannya tetap terjadi dan tetap bisa menemukan planet-planet baru yang belum ditemukan. 

Salah satu penemuan berikutnya adalah sebuah planet yang mengitari sebuah bintang yang sangat muda, bernama TW Hydrae . Penemuan ini dipublikasikan di Nature, vol. 451, 38 (2008). Planet tersebut masih dalam piringan cakram debu dan gas yang mengelilingi bintang induknya. Contoh penemuannya yang lain adalah HIP 13044 b, HD 47536 c, HD 110014 b, HD 110014 c, HD 11977 b, dan HD 70573 b.

Klik Juga Link Penting Ini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar